Full Node dan Lightweight Node

Node adalah komputer apa pun yang terhubung ke jaringan cryptocurrency, misalnya, komputer apa pun yang terhubung ke jaringan Bitcoin dapat dianggap sebagai simpul Bitcoin. Beberapa node pada jaringan cryptocurrency dikenal sebagai node penuh. Mereka dikenal sebagai node penuh karena node ini sepenuhnya memvalidasi setiap blok dan transaksi yang disajikan kepadanya, dengan memeriksa mereka terhadap aturan konsensus jaringan. Sebagai contoh, beberapa aturan konsensus Bitcoin meliputi:

Full Node dan Lightweight Node
Full Node dan Lightweight Node

  • Output transaksi tidak dapat dihabiskan dua kali lipat.
  • Transaksi dan blokir harus dalam format yang benar.
  • Blok hanya dapat merilis sejumlah bitcoin tertentu sebagai hadiah blok.


Jika ada blok atau transaksi yang tidak mematuhi aturan konsensus ini, maka mereka ditolak oleh node penuh, dan tidak termasuk dalam blockchain. Node penuh mendukung jaringan dengan menerima blok dan transaksi dari node penuh lainnya, memvalidasi blok dan transaksi tersebut, dan kemudian menyampaikannya ke node penuh lainnya. Karakteristik penting dari simpul penuh adalah bahwa mereka tidak dapat dipercaya, mereka akan menolak blok atau transaksi apa pun yang melanggar aturan konsensus, bahkan jika setiap simpul lain di jaringan berpikir bahwa itu sah.

Node lengkap juga harus memiliki salinan blockchain, sehingga setiap transaksi dan blok yang pernah terjadi di blockchain harus diunduh. Ini memastikan bahwa blockchain tidak dapat dikontrol oleh satu entitas, dan juga tidak dapat dengan mudah dikompromikan, karena tidak ada satu titik kegagalan. Jadi, semakin penuh node yang beroperasi dalam jaringan, semakin tidak dapat dipercaya dan terdesentralisasi sistem menjadi.

Beberapa node penuh juga melayani apa yang dikenal sebagai node ringan (juga dikenal sebagai klien ringan). Node ringan memverifikasi transaksi menggunakan metode yang disebut verifikasi pembayaran disederhanakan (SPV). SPV memungkinkan sebuah simpul untuk memverifikasi apakah suatu transaksi telah dimasukkan dalam suatu blok, tanpa harus mengunduh seluruh blockchain. Dengan SPV, node penuh melayani node ringan dengan memungkinkan mereka untuk terhubung dan mengirimkan transaksi mereka ke jaringan, dan akan memberi tahu mereka ketika transaksi mempengaruhi mereka. Node yang ringan hanya perlu mengunduh header dari semua blok pada blockchain, yang berarti bahwa persyaratan pengunduhan dan penyimpanan jauh lebih sedikit daripada yang dilakukan pada node penuh.

Hubungan antara node penuh dan node ringan ada karena jika tidak, maka node ringan tidak akan dapat terhubung ke jaringan cryptocurrency, yang mungkin mengarahkan mereka untuk menggunakan layanan terpusat. Penting juga untuk dicatat bahwa node SPV secara efektif menempatkan kepercayaan mereka pada node penuh untuk memastikan bahwa blok dan transaksi divalidasi dengan benar terhadap aturan konsensus.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Full Node dan Lightweight Node"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel