Pengertian Lengkap Atomic Swaps

Pergantian atom koin, atau perdagangan lintas rantai atom, adalah pertukaran satu mata uang digital dengan mata uang lain tanpa harus mempercayai pihak ketiga. Sepotong teknologi yang relatif baru, perdagangan lintas rantai atom sedang berusaha merevolusi cara pengguna bertransaksi satu sama lain. Misalnya, jika Alice memiliki 5 bitcoin tetapi sebaliknya menginginkan 100 litcoin, ia harus melalui pertukaran, mis. Pihak ketiga. Namun, dengan pertukaran atom, jika Bob memiliki 100 Litecoin tetapi sebaliknya menginginkan 5 Bitcoin, maka dia dan Alice dapat melakukan perdagangan. Sebagai contoh untuk mencegah, Alice menerima 100 Litecoin Bob tetapi kemudian gagal mengirim lebih dari 5 Bitcoin, pertukaran atom memanfaatkan apa yang dikenal sebagai kontrak waktu-terkunci hash (HTLC).

Pengertian Lengkap Atomic Swaps
Pengertian Lengkap Atomic Swaps

Kontrak dengan waktu terkunci memastikan bahwa proses pertukaran atom benar-benar tidak dapat dipercaya dengan memastikan keduanya memenuhi persyaratan perdagangan. HTLC mengharuskan penerima pembayaran mengakui pembayaran yang diterima sebelum batas waktu dengan menghasilkan bukti pembayaran kriptografis. Atau, penerima berisiko kehilangan hak untuk mengklaim pembayaran, oleh karena itu mengembalikan dana kepada pengirim.

Karena itu, agar perdagangan antara Alice dan Bob berlangsung, keduanya harus menyerahkan transaksi mereka ke masing-masing blockchain. Alice di blockchain Bitcoin dan Bob di blockchain Litecoin. Agar Alice mengklaim 100 Litecoin yang dikirim dari Bob, dia harus menghasilkan nomor yang hanya dia tahu yang digunakan untuk menghasilkan hash kriptografi, oleh karena itu memberikan bukti pembayaran. Demikian pula, agar Bob mengklaim 5 Bitcoin yang dikirim dari Alice, ia juga harus memberikan nomor yang sama yang digunakan untuk menghasilkan hash kriptografi.

Persyaratan untuk Swap Atom
Sama menariknya dengan teknologi ini, ada beberapa persyaratan mendasar untuk cryptocurrency sebelum dapat berhasil mendukung pertukaran atom. Salah satu persyaratan tersebut adalah implementasi jaringan Lightning.

Jika kontrak waktu-terkunci dapat dianggap sebagai menghubungkan dua blockchain bersama-sama, jaringan kilat dapat dianggap sebagai menghubungkan saluran pembayaran bersama. Artinya, bagi Alice dan Bob untuk saling bertransaksi, mereka harus ditautkan melalui saluran pembayaran. Jaringan kilat memungkinkan untuk itu.

Selain itu, untuk transaksi yang terjadi antara dua blockchains berbeda, perlu untuk kedua blockchains berbagi fungsi hash kriptografi yang sama, seperti SHA-256. Ini untuk memungkinkan kontrak hash-time terkunci berfungsi dengan benar ketika datang ke pengguna memberikan nomor yang dihasilkan melalui fungsi hash.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Lengkap Atomic Swaps"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel