Pengertian Delegated Proof-of-Stake (DPoS)

Diciptakan oleh Daniel Larimer, Delofated Proof-of-Stake (DPoS) adalah mekanisme konsensus alternatif yang mengharuskan pemegang koin untuk memilih "delegasi", yang kemudian bertanggung jawab untuk memvalidasi transaksi dan mempertahankan blockchain. DPoS adalah alternatif dari model Proof-of-Stake (PoS) yang lebih dikenal, yang mengharuskan penambang memasang saham dalam cryptocurrency yang diperlukan sebelum mereka dapat memproses transaksi dan menambahkannya ke blockchain.

Pengertian  Delegated Proof-of-Stake (DPoS)
Pengertian  Delegated Proof-of-Stake (DPoS)

Proses Bukti yang Didelegasikan dari Pasak
Proses Bukti yang Didelegasikan bervariasi dari mekanisme konsensus yang lebih tradisional. Di DPoS, pemangku kepentingan memilih apa yang dikenal sebagai saksi. Saksi bertanggung jawab dan dihargai karena menghasilkan dan menambahkan blok ke blockchain. Setiap pemangku kepentingan hanya diizinkan satu suara per saksi, dengan saksi dengan suara terbanyak dipilih. Para pemangku kepentingan dapat memilih sebanyak mungkin saksi sesuai keinginan mereka, selama setidaknya 50% dari para pemangku kepentingan percaya bahwa desentralisasi yang memadai telah dicapai melalui jumlah saksi terpilih. Pemungutan suara untuk saksi adalah proses yang berkelanjutan, oleh karena itu, saksi memiliki insentif untuk menjalankan fungsinya dengan standar tertinggi atau mereka berisiko kehilangan posisi mereka. Ada sistem penilaian reputasi untuk membantu para pemangku kepentingan dalam menilai kualitas saksi dengan lebih baik.

Bergantung pada mata uang kripto yang menerapkan mekanisme konsensus DPoS, sekelompok saksi yang dipilih biasanya diganti pada waktu yang tetap, mis. sekali sehari atau seminggu sekali, dengan masing-masing saksi diberikan giliran untuk menghasilkan blok. Kegagalan untuk menghasilkan blok pada waktu yang dialokasikan biasanya akan mengakibatkan saksi dilewati, serta secara negatif mempengaruhi skor reputasi mereka.

Selain itu, ada juga yang dikenal sebagai delegasi. Delegasi dipilih dengan cara yang mirip dengan saksi, namun, delegasi bertanggung jawab untuk memelihara jaringan dan bahkan dapat mengusulkan perubahan pada jaringan. Perubahan seperti: Ukuran blok, jumlah yang harus dibayar saksi dan biaya transaksi. Setelah perubahan ini diajukan, terserah kepada para pemangku kepentingan untuk memutuskan apakah perubahan yang diusulkan harus dilaksanakan atau tidak. Ada atau tidaknya sistem insentif imbalan bagi delegasi akan bervariasi tergantung pada implementasi DPoS, mekanisme konsensus.

Implementasi Bukti yang Didelegasikan dari Pasak
Pada titik ini, penting untuk menyebutkan bahwa ada banyak cara di mana DPoS sebagai mekanisme konsensus dapat diimplementasikan.

Maka menjadi penting untuk membaca dokumentasi yang dikeluarkan oleh proyek untuk memahami dengan benar cara penerapannya.

Keuntungan Bukti yang Didelegasikan
Delegated Proof-of-Stake menawarkan keunggulan dibandingkan algoritma konsensus yang lebih terkenal, Proof-of-Work (PoW). Keuntungan-keuntungan ini termasuk:
  • Menghemat biaya energi
  • Mempromosikan desentralisasi

Penghematan biaya energi: Berbeda dengan PoW, yang membutuhkan sejumlah besar energi untuk memutuskan siapa yang akan menambahkan blok berikutnya ke blockchain, dengan DPoS, saksi diberikan jadwal waktu tertentu untuk melakukannya. Oleh karena itu, persaingan yang ketat untuk penambahan blok berikutnya menjadi tidak praktis, yang pada gilirannya mengurangi biaya energi untuk menambahkan satu blok jika dibandingkan dengan PoW. Komputer khusus yang dikenal sebagai ASIC tidak lagi diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematika yang rumit yang diperlukan untuk PoW.

Mempromosikan desentralisasi: Agar dapat berhasil menambang mata uang kripto yang menggunakan mekanisme konsensus PoW, secara realistis, ASIC, diperlukan agar kompetitif dan meningkatkan peluang untuk menambah blok berikutnya. Ini mempromosikan sentralisasi penambangan karena hanya mereka yang mampu membeli komputer khusus ini yang akan memiliki peluang terbaik untuk menemukan blok yang valid, dan dengan demikian, menuai proporsi yang lebih besar dari hadiah blok. Ini berbeda dengan mekanisme konsensus DPoS, yang memungkinkan para pemangku kepentingan untuk memilih siapa yang akan memvalidasi transaksi, sehingga mendorong desentralisasi yang lebih besar. Sejumlah validator individu yang tidak terbatas dapat dipilih oleh para pemangku kepentingan sejauh mereka yakin bahwa desentralisasi telah tercapai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Delegated Proof-of-Stake (DPoS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel