Pengertian Block Size

Artikel ini akan melihat secara komprehensif apa sebenarnya ukuran blok, masalah yang muncul ketika batas ukuran blok sudah dekat, dan solusi yang saat ini sedang dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah batas ukuran blok. blok dapat dianggap sebagai kumpulan transaksi, dengan setiap transaksi perlu divalidasi sebelum dapat diterima oleh jaringan. Setiap blok memiliki apa yang dikenal sebagai ukuran blok. Ukuran blok hanyalah batas maksimum blok yang dapat diisi dengan transaksi. Misalnya, ukuran blok Bitcoin saat ini mencapai 1 MB. Penambang dapat memilih berapa banyak blok untuk diisi dengan transaksi. Namun, jika blok yang melebihi batas ukuran blok dikirimkan, itu akan ditolak oleh jaringan. Maksud ukuran blok adalah untuk mencegah serangan penolakan layanan pada jaringan. Jika tidak ada batasan ukuran blok, secara teori, penyerang dapat membanjiri jaringan dengan banyak transaksi, sehingga berpotensi menghentikan jaringan.

Pengertian Block Size
Pengertian Block Size

Masalah yang muncul dari dekat batas ukuran blok meliputi:
  1. Perlambatan dalam jaringan
  2. Biaya transaksi lebih tinggi

Perlambatan dalam jaringan: Kami telah melihat, misalnya dengan Bitcoin, bahwa semakin banyak pengguna yang bertransaksi melalui jaringan, semakin lambat jadinya. Salah satu alasan yang dapat dikaitkan dengan memperlambat jaringan berbasis blockchain, adalah batas ukuran blok. Jika lebih banyak pengguna bertransaksi melalui jaringan, tetapi ukuran blok tetap statis, maka jumlah transaksi dalam blok akan meningkat, sehingga mengakibatkan perlambatan jaringan ketika batas ukuran blok didekati.

Biaya transaksi yang lebih tinggi: Karena transaksi di dekat batas ukuran blok mereka, itu menjadi perlombaan bagi pengguna untuk memiliki transaksi mereka dikonfirmasi dan ke blockchain. Salah satu cara untuk memastikan waktu konfirmasi yang cepat adalah dengan membayar biaya transaksi yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa penambang (orang-orang yang mengkonfirmasi transaksi) memiliki insentif untuk menambahkan transaksi dengan biaya lebih tinggi ke blockchain terlebih dahulu. Karena itu transaksi yang lebih kecil akan memakan waktu berjam-jam, dan dalam beberapa kasus beberapa hari, hanya untuk mengonfirmasi.

Namun, solusi potensial untuk batas ukuran blok yang tidak memadai meliputi:
  • Meningkatkan ukuran blok
  • Saksi Terpisah (SegWit)
  • Ukuran blok dinamis

Meningkatkan ukuran blok: Salah satu solusi yang sangat jelas untuk masalah dengan ukuran blok adalah dengan hanya meningkatkannya. Namun, yang menarik dari hal ini adalah, ini mendorong sentralisasi. Cukup meningkatkan ukuran blok akan menghasilkan biaya yang lebih tinggi untuk menjalankan node penuh pada jaringan berbasis blockchain. Oleh karena itu, lebih sedikit orang yang mampu menjalankan node penuh dengan ukuran blok yang meningkat, sehingga membuat jaringan lebih terpusat.

Segregated Witness: SegWit adalah metode garpu lembut yang dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas blockchain dengan menghapus data tanda tangan dari transaksi. Jika Anda tidak yakin tentang apa SegWit itu, lihat artikel ini. Menggunakan Bitcoin sebagai contoh, implementasi SegWit akan menghasilkan peningkatan ukuran blok nyata dari 1 MB menjadi 4 MB. Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Litecoin telah berhasil mengaktifkan SegWit pada protokol masing-masing.

Ukuran blok dinamis: Cryptocurrency seperti Monero telah menerapkan apa yang dikenal sebagai batas ukuran blok dinamis. Artinya, batas ukuran blok berubah dengan sendirinya dan tergantung pada volume transaksi pada waktu tertentu. Jaringan berbasis blockchain yang menggunakan batas ukuran blok dinamis menikmati manfaat karena kurang rentan terhadap perlambatan dalam jaringannya.

Meskipun ini bukan daftar lengkap, ini adalah beberapa solusi utama yang saat ini digunakan oleh berbagai cryptocurrency di ruang saat ini.

Kesimpulan: Seiring ruang cryptocurrency terus tumbuh, skalabilitas menjadi topik diskusi yang sangat utama. Penting untuk memahami bagaimana berbagai cryptocurrency bermaksud untuk skala dalam jangka panjang jika mereka ingin membuktikan alternatif yang layak untuk sistem keuangan saat ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Block Size"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel