Blockchain Public Key & Private Key: Panduan Lengkap

Bidang kriptografi merupakan hal mendasar bagi banyak sistem mata uang digital seperti Bitcoin. Kriptografi adalah praktik komunikasi aman di hadapan pihak ketiga. Dengan kata lain, kriptografi memungkinkan data untuk disimpan dan dikomunikasikan sedemikian rupa sehingga pihak ketiga dicegah dari membaca isi dari apa yang telah dikomunikasikan. Kriptografi digunakan dalam pembuatan kunci publik dan pribadi untuk membuat sistem cryptocurrency jaringan yang aman di mana pengguna dapat beroperasi dengan aman.

Blockchain Public Key & Private Key: Panduan Lengkap
Blockchain Public Key & Private Key: Panduan Lengkap

Konsep kepemilikan pada sistem cryptocurrency terutama terdiri dari tiga elemen yang saling berhubungan:
  • Kunci digital (kunci publik dan kunci pribadi)
  • Alamat cryptocurrency

Tanda tangan digital
Yang paling penting dari ketiga elemen ini adalah kunci digital pengguna, karena mereka memungkinkan banyak fitur kepemilikan yang dapat ditemukan dalam sistem cryptocurrency yang aman secara kriptografis. Penting untuk dicatat bahwa kunci digital ini tidak disimpan di jaringan cryptocurrency itu sendiri, dan sebaliknya, disimpan dan dibuat oleh dompet cryptocurrency, yang ada secara independen dari jaringan. Kunci-kunci ini dibuat berpasangan, terdiri dari kunci publik dan kunci pribadi. Kunci publik dapat dianggap sebagai rekening bank individu, sementara kunci pribadi adalah PIN rahasia ke rekening bank itu.

Kunci publik terhubung secara kriptografis ke alamat mata uang kripto dalam arti bahwa alamat tersebut merupakan representasi dari kunci publik. Sering kali kunci publik digunakan untuk menghasilkan alamat cryptocurrency aktual. Alamat ini berfungsi sebagai pengidentifikasi akun pengguna ke mana dana dapat dibayarkan.

Kunci Publik
Aspek penting untuk dipahami tentang penggabungan kriptografi kunci publik dalam sistem mata uang kripto seperti Bitcoin, adalah bahwa mereka praktis tidak dapat diubah. Ini berarti bahwa fungsi matematika yang merupakan kriptografi kunci publik relatif mudah untuk dihitung dalam satu arah, dan secara praktis tidak mungkin untuk menghitung dalam arah yang berlawanan. Fitur kriptografi ini adalah jantung dari sistem mata uang kripto, karena memfasilitasi penciptaan rahasia digital dan tanda tangan digital yang tidak dapat dijangkau yang penting untuk kepemilikan jaringan desentralisasi ini.

Cryptocurrency seperti Bitcoin menggunakan perkalian kurva eliptik sebagai dasar untuk kriptografi mereka. Penggandaan titik kurva elips adalah operasi menambahkan titik di sepanjang kurva eliptik secara berurutan. Ini digunakan dalam kriptografi kurva elips sebagai alat untuk menghasilkan fungsi satu arah, yang merupakan fungsi yang mudah untuk dihitung dalam satu arah, tetapi sulit untuk melakukannya dalam arah yang berlawanan. Dalam sistem cryptocurrency seperti Bitcoin, fungsi satu arah ini mengambil kunci pribadi sebagai input untuk menghasilkan kunci publik, yang merupakan output. Karena itu, pemilik kunci pribadi dapat dengan percaya diri mendistribusikan kunci publik mereka dengan pengetahuan bahwa tidak seorang pun akan dapat membalikkan fungsinya, dan menghitung kunci privat dari kunci publik.

Alamat Cryptocurrency
Alamat cryptocurrency hanyalah serangkaian karakter alfanumerik yang dapat dibagikan pengguna dengan siapa saja yang ingin mengiriminya uang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, alamat cryptocurrency secara efektif merupakan representasi dari kunci publik. Alamat berasal dari kunci publik melalui penggunaan fungsi hash kriptografis satu arah. Dengan Bitcoin, algoritma yang digunakan untuk membuat alamat bitcoin dari kunci publik adalah Secure Hash Algorithme 256 (SHA-256) dan RACE Integrity Primitives Evaluation Message Digest 160 (RIPEMD-160). Dimulai dengan kunci publik, string nilai ini pertama kali dijalankan melalui algoritma hasa SHA-256 untuk menghasilkan hash, dan kemudian hash tersebut dihitung menggunakan RIPEMD160 untuk menghasilkan alamat bitcoin. Alamat bitcoin, dan alamat dalam sistem cryptocurrency lain, adalah yang sering muncul dalam transaksi antara dua pihak, dengan alamat yang menandakan penerima dana.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Blockchain Public Key & Private Key: Panduan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel